Kamis, 19 April 2012

KESALAHAN DALAM BERPENAMPILAN


10 Kesalahan Dalam Berpenampilan

1. Salah make-up
Tujuan dari memakai make-up adalah untuk menyempurnakan lini wajah, bukan justru menyembunyikannya, misalnya menggunakan make-up yang berlebihan justru akan menutupi raut alami pada wajah. Kesalahan paling umum yang biasa dilakukan saat ber-makeup adalah menggunakan blush on terlalu tebal, terlalu banyak menggunakan foundation, dan eyeliner. Menggunakan foundation terlalu banyak dapat dilihat dari wajah menjadi terlihat tebal dan pucat. Foundation digunakan untuk menonjolkan warna kulit Anda, bukan menimbulkan kontras, yang menyebabkan wajah menjadi tidak natural. Agar tidak salah, gunakan foundation sesuai warna kulit dan gunakan sedikit-sedikit.
Eyeliner digunakan untuk membuat bulu mata terlihat lebih tebal. Untuk melakukan hal ini secara tepat, gunakan eyeliner sedekat mungkin dengan bulu mata. Untuk blush on, gunakan warna yang tidak terlalu gelap atau terang dan menyatu secara alami dengan warna kulit Anda.
2. Baju yang terlalu kecil atau besar
Menggunakan baju yang kekecilan tentunya tidak akan membuat Anda terlihat lebih kecil pula. Faktanya justru sebaliknya. Karena baju yang terlalu sempit akan menunjukan garis tubuh Anda. Pakailah baju yang pas, dalam artian tidak terlalu sempit ataupun kedodoran.
3. Tidak memperhatikan bagian minor
Bagian minor seperti kuku, alis mata, dan lain-lain jarang diperhatikan dalam perawatan, padahal bagian tersebut dapat menunjang penampilan. Begitu juga dengan rambut. Gaya rambut membentuk kesan pertama. Dari gaya rambut seseorang akan menilai diri Anda, status, umur, hingga intelligence. Meskipun penilai dari luar tidak sepenuhnya benar,namun secara insting seseorang dapat dinilai dari gaya berpakaian, hingga style rambut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda merapikan rambut secara rutin, apabila Anda mewarnai rambut, pastikan untuk merawatnya dengan perawatan yang tepat, agar warna rambut terlihat alami dan terawat.
Selain rambut, kuku yang rapi dan bersih terawat juga dapat menjadi cerminan pribadi diri Anda.
4. Menggunakan sepatu yang salah atau sudah usang
Meskipun dikenakan dibawah kaki, namun sebenarnya sepatu Anda juga menjadi perhatian. Oleh karena, pastikan untuk merawat sepati Anda agar selalu bersih dan layak pakai. Sepatu yang digunakan, akan menunjang pakaian yang Anda kenakan. Contohnya, apabila Anda bekerja kantoran atau bekerja di lingkungan profesional, sepatu model pump dapat menjadi pilihan yang tepat. Menggunakan sandal, loafer, dengan seragam justru akan menjatuhkan kredibilitas Anda.
5. Menggunakan tas yang out-of-date
Menggunakan tas dengan bentuk monoton, tidak memiliki motif, dan tidak mengikuti jaman akan membuat penampilan Anda terkesan tua, dan kurang up-to-date. Meskipun bukan suatu keharusan untuk selalu mengikuti mode atau tren tas terbaru, namun setidaknya pilihlah tas yang trendy dan memiliki sedikit karakter. Model tas yang out-of-date akan membuat Anda terlihat old-fashioned.
6. Menggunakan pakaian yang tidak pantas
Apabila Anda bekerja di lingkungan formal atau kantoran hindari pakaian yang terlaluflashy, kecuali Anda bekerja di bidang seni, atau yang memungkin Anda untuk mengeksplor gaya berpakaian, jangan menggunakan rok terlalu pendek, misal 3 cm diatas lutut, karena akan membuat persepsi orang tentang Anda menjadi buruk. Selain itu juga jangan menggunakan atas tidak berlengan, kaos, perhiasan yang terlalu mencolok, celana atau rok kulit, ataupun sesuatu yang terlalu berkilauan dan mencolok, apabila Anda ingin memberikan kesan yang baik di lingkungan kerja Anda.
7. Rambut yang tidak rapi
Mungkin sesekali rambut Anda kurang rapi masih dapat dimaklumi, namun apabila Anda mempertahankan rambut yang tidak rapi setiap hari, maka jangan salahkan orang di sekitar Anda, apabila mengkritik penampilan Anda. Rambut sangat penting untuk menunjang penampilan secara keseluruhan. Warna rambut yang tidak sesuai atau tidak cocok dengan warna kulit Anda, akan memberikan kesan yang kurang baik pada gaya berpenampilan Anda. Memilih style, dan warna rambut yang sesuai dengan bentuk wajah dan warna kulit sangat penting untuk dilakukan, oleh karena itu berkonsultsilah pada stylist salon, agar Anda memperoleh model rambut yang sesuai.
8. Terlalu loyal pada ‘brand’ tertentu
Memilih produk dari kepala hingga kaki dari brand yang sama –karena terlalu addict pada brand tertentu, dapat menjadikan Anda seorang fashion disaster. Untuk penampilan yang profesional, dan sophisticated, pilihlah bahan yang sesuai dengan tubuh Anda, dibuat dengan produksi yang baik, tidak peduli brand apapun itu. Apabila seseorang mengagumi Anda karena brand pakaian yang Anda gunakan, sudah pasti mereka bukanlah teman yang baik.
9. Menggunakan pakaian yang tidak sesuai usia
Menggunakan style yang tidak sesuai dengan usia misalnya, memakai pakaian dengan style yang seharusnya dipakai oleh anak usia remaja, padahal usia Anda dua kali lipatnya, agar terlihat muda justru merupakan kesalahan fashion yang fatal. Meskipun bukan berarti Anda harus memakai pakaian old-fashioned dengan model yang boring. Anda tetap dapat tampil stylish terlepas dari berapa usia Anda, dengan memilih pakaian yang juga sesuai, misalnya menggunakan rok sebatas lutut, atasan yang memiliki potongan dan design unik, namun tidak terlalu ramai motif, dan warna yang sesuai dengan Anda.
10. Menggunakan warna yang tidak sesuai
Aturan penting agar penampilan terlihat lebih menarik adalah mengenakan pakaian dengan warna yang sesuai dengan warna kulit. Meskipun warna bukan kesalahan fashionyang fatal, namun cukup noticeable apabila seseorang menggunakan warna tidak sesuai dengan warna kulitnya, akan terlihat aneh atau sesuatu yang kurang tepat pada orang tersebut. Ketika Anda memilih pakaian dengan warna yang salah, akan membuat warna kulit Anda tidak sehat, seperti terlihat kusam atau pucat. Dengan menggunakan warna yang tepat akan membuat kulit Anda terlihat bersih, dan menutupi ketidaksempurnaan lain.
Secara umum skin tone pada dibagi menjadi dua tipe yakni ‘cool’ dan warm, mengetaui jenis skin tone Anda, akan sangat membantu Anda dalam memilih pakaian dan make-up yang sesuai. Cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah Anda memiliki skin tope tipe ‘coo;’ atau ‘warm’, salah satunya dengan menggunakan perhiasaan, apabila perhiasaan emas / gold jewellery lebih cocok untuk Anda maka kulit Anda memiliki tipe ‘warm’, sebaliknya apabila Anda lebih cocok menggunakan perhiasan silver / silver jewellery maka kulit Anda termasuk tipe ‘cool’.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar