Senin, 09 April 2012

SOP-RELAKSASI PROGRESIF


STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR
TEKNIK RELAKSASI PROGRESIF

NO
PROSEDUR
NILAI
1.    
PERSIAPAN.


a.   Menyiapkan lingkungan yang memungkinkan melakukan kegitan relaksasi progresif.


b.   Menjelaskan teknik dasar prosedur yang akan dilakukan dengan cermat agar bisa dimengerti oleh pasien (gunakan otak kanan yang bersifat menerima).


c.   Menjelaskan lama waktu relaksasi progresif yang efektif (10-20 menit).


d.  Meminta kepada pasien untuk berdiri, melepaskan alas kaki, mememosisikan badan senyaman mungkin dan tidak saling bersentuhan dengan anggota tubuh yang lain serta benda yang ada disekitar.




2.       
PELAKSANAAN RELAKSASI PROGRESIF


a.  Meminta pasien untuk memejamkan mata dengan lembut dan perlahan-lahan.


b.   Meminta pasien untuk menarik napas dalam dan menghembuskan napas dengan panjang.


c.  Meminta kepada pasien untuk : menarik napas dalam :


1.   Kepala : kerutkan dahi, kedip-kedipkan mata, dan bibir dimonyongkan atau tarik ke belakang. Rasakan ketegangan pada bagian tersebut, tahan selama 5 detik, hembuskan napas perlahan dan kendurkan secara perlahan, katakan dalam hati “relaks dan pergi”.


2. Leher : tekan kepala ke belakang, anggukan  kepala ke arah dada, putar kepala ke bahu kanan, putar kepala ke bahu kiri. Rasakan ketegangan pada bagian tersebut, tahan selama 5 detik, hembuskan napas perlahan dan kendurkan secara perlahan, katakan dalam hati “relaks dan pergi”.


3.      Bahu : angkat bahu kanan seolah-olah ingin menyentuh telinga, angkat bahu kiri seolah-olah ingin menyentuh telinga, angkat kedua bahu seolah-olah menyentuh telinga.


4.Bahu dan lengan : tahan lengan dan mengepal, kemudian kepalkan tangan bengkokkan lengan, pada siku, kencangkan lengan sambil tetap mengepalkan tangan, tahan 5 detik, hembuskan napas perlahan sambil mengendurkan dan katakan dalam hati “relaks dan pergi”.


5.   Dada : tarik napas dalam dan kencangkan otot-otot dada dan tahan 5 detik, hembuskan napas secara perlahan sambil katakan dalam hati “relaks dan pergi”.


6.   Punggung : lengkungkan punggung ke belakang sambil menari napas dalam dan tekan lambung keluar, tahan 5 detik,  hembuskan napas secara perlahan sambil katakan dalam hati “relaks dan pergi”.


7.   Perut : kencangakan perut, tekean keluar dan tarik ke dalam, tahan 5 detik, hembuskan napas secara perlahan sambil katakan dalam hati “relaks dan pergi”.


8.   Paha dan kaki : kencangkan paha, tekan tumit ke lantai, kencangkan otot kaki di bawah lutut, tekuk jari kaki ke bawah seolah-olah menyentuh telapak kaki, angkat jari kaki ke atas seolah-olah menyentuh lutut, tahan 5 detik, hembuskan napas secara perlahan sambil katakan dalam hati “relaks dan pergi”.




3.
TERMINASI


a.   Mengeksplorasi perasaaan pasien


b.   Berdiskusi tentang umpan balik dengan pasien


c.   Melakukan kontak : topik, waktu dan tempat, untuk kegiatan selanjutnya / terminasi jangka panjang.


S
……………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar